Laman

Sunday 13 November 2011

Konfigurasi Mikrotik menggunakan Telnet dan Tip Trick CommandLine Mikrotik


Untuk kesempatan kali ini, kita akan menyambung postingansebelumnya. Pada artikel sebelumnya, kita sudah bisa mengkoneksikan dua laptop dengan router. Kali ini kita akan mencoba konfigurasi Mikrotik dari telnet, menggunakan command prompt yang ada di Windows. Cara ini bisa juga dilakukan menggunakan Terminal di linux.
Untuk memulai,kita buka command prompt yang ada di windows. Kemudian ketikkan C:>telnet 192.168.2.1.
Setelah di enter, masukkan login dan password. Pada bagian login masukkan admin dan password dikosongi(sesuai konfigurasi sebelumnya), enter. Selamat, sejauh ini kita sudah bisa mengakses mikrotik melalui Telnet.
 
Selanjutnya kita mencoba konfigurasi mikrotik melalui Telnet ini, menggunakan Command Line.
Sebenarnya cara command line tidak terlalu sulit, karena Mikrotik sudah menyediakan bebrapa kemudahan untuk keperluan tersebut.
Hal yang paling penting adalah selalu ingat tanda Tanya (?) kapanpun kita perlu bantuan untuk menuliskan perintah. Artinya, kita tidak harus hafal secara keseluruhan karena mikrotik akan membantu kita untuk menampilkan perintah yang mungkin diketikkan saat itu.
  Struktur Folder Command Line Mikrotik
Folder yan gdimaksud disini bukanlah folder untuk menyimpan fil, tetapi hanya istilah yang digunakan untuk menyebut struktur perintah Mikrotik yang diibaratkan sebagai sebuah folder.
Saat login pertama, kita berada di root folder, ditandai dengan bentuk prompt [admin@MikroTik] >. Admin berarti kita login sebagai user yang bernama admin. Mikrotik ini berarti kita login di router dengan nama Identity Mikrotik yang bisa diubah-ubah.
Jika kita sering mengubah IP address,tentu kita akan sering mengetikkan perintah IP address add address. Untuk mempersingkat, kita bisa pindah ke folder IP,caranya ketikkan ip,kemudian enter. Maka prompt akan berubah menjadi [admin@MikroTik] /ip>. Jika ingin lebih dalam lagi, bisa mengetikkan address sehingga prompt berubah menjadi [admin@MikroTik] /ip address>. Untuk mundur satu folder,ketikan .. (titik dua kali). Maka prompt akan kembali lagi menjadi [admin@MikroTik] /ip>.
Jika langsung ingi kembali ke folder root,ketikan tanda / (garis miring), maka prompt akan kembali menjadi [admin@MikroTik] >
Konfigurasi dengan Command Line ini akan lebih mudah jika kita sudah menghafal susunan perintah yang ada di Main Menu Winbox, popup menu dan setiap perintah yang ada di jendela, karena command Line dan perintah-pperintah yang ada di menu-menu winbox memiliki struktur yang sama. Yang perlu dihafal adalah perintah-perintah untuk menambah seerti add, trus melihat konfigurasi “Print” dan yang lain.
Selamat belajar,Semangkat….

No comments:

Post a Comment