Laman

Saturday 12 November 2011

Cara Konfigurasi Mikrotik

Mumpung lagi semangat-semangatnya nulis, tapi karena masih newbie,jadi ya pelan-pelan saja jalannya. Kali ini coret-coretannya mengenai dari mana saja mikrotik dapat dikonfigurasi. Untuk para master-master jangan ketawa ya,hehehe…
Untuk melakukan konfigurasi mikrotik dapat dilakukan dengan 4 cara, yaitu:
  1. Melalui serial interface (DB9)
  2.  Melalui Webbox
  3.  Melalui SSH/Telnet
  4. Melalui Winbox GUI
Konfigurasi melalui serial port dilakukan dengan cara menghubungkan serial port computer dengan serial port mikrotik,tetapi tidak semua mikrotik memiliki port serial. Kabel yang digunakan adalah kebel serial yang biasa digunakan untuk menghubungkan modem PSTN ke computer.
Tampilan menggunakan minicom linux

Webbox adalah antarmuka grafis berbasis web. Dengan Webbox, kita bisa melakukan setting melalui web browser dengan cara mengetikkan alamat IP dari Mikrotik di addres bar browser(Mozilla,Internet Explorer,Google Chrome,dll).  Hampir semua setting bisa dilakukan melaluri Webbox.
Tampilan awal menggunakan browser Mozilla Firefox


Konfigurasi melalui SSH/Tenet bisa dilakukan setelah mikrotik diberi IP address karena protocol Telnet/SSH adalah TCP/IP. Apa perbedaan Telnet dan SSH? Telnet melewatkan data dari PC ke Mikrotik secara plain text(tidak terenkripsi),sehingga mudah untuk disadap. Sedangkan SSH, komunikasi datanya telah terenkripsi sehingga dapat dikatakan relative lebih aman. Dengan menggunakan SSH/Telnet, konfigurasi hanya bisa dilakukan secara command line,yaitu mengetikkan perintah satu persatu
Tampilan menggunakan telnet





Cara keempat adalah cara yang paling menyenangkan, yaitu dengan menggunakan Winbox yang menggunakan tampilan GUI. Winbox berupa aplikasi yang dapat dijalankan di Sistem Operasi Windows. User Interface atau antarmuka penggunanya sangat mudah. Untuk Mikrotik yang belum memiliki IP addresspun bisa dikoneksikan menggunakan scan MAC address.
Tampilan Menggunakan Winbox


Sumber Hardana & Ino Irvantino.2011.Konfigurasi Wireless Routerboard Mikrotik.Yogyakarta: Penerbit Andi




No comments:

Post a Comment