Laman

Saturday 12 November 2011

Cara Membagi dan menggabungkan file video dengan HJSplit


Kali ini nulis tutorial aja dulu ahh,,,,,. Tutorial kali ini, kita akan  mencoba membagi  satu file video *.mkv menjadi beberapa file, dan menggabung beberapa file video yang berekstensi *.001 , *.002 ,*.003 dst. Lha kok kenapa harus membagi 1 file menjadi beberapa file sih? Apa gunanya coba? Kegunaan kita membagi file video menjadi beberapa file, salah satunya agar kita lebih mudah untuk meng-uploadnya. Kita akan lebih mudah mengupload file yang berukuran kecil, soalnya file video khususnya film pasti memiliki ukuran yang cukup bikin lemes untuk di upload. Lha trus kenapa kita harus menggabungya lagi? Itu gunanya kalo kita download film hasil split/pembagian tadi. File hasil pembagian berekstensi *.001 , *.002 ,*.003 dst. Kita harus menggabungnya lagi dikarenakan file2 tersebut tidak dapat langsung di Play dengan media Player GOM ataupun K-Lite, selain file yang berekstensi *.001.
Untuk membagi dan memisahkan file2 tersebut, kita membutuhkan software HJSplit yang bisa diunduh disini.
Untuk percobaan, kita akan menggunakan file *.mkv yang berukuran 1,10GB. Setelah kita download HJSplit, jalankan file tersebut. Untuk membagi file, langkah yang dilakukan yaitu
  1. Klik Split
  2. Klik Input dan cari file yang akan di pecah.
  3. Atur dan isi ukuran yang akan kita inginkan untuk tiap bagian file yang akan kita hasilkan. Karena file yang kita gunakan sebesar 1,15GB, kita akan mencoba membagi dengan 120 Mbyte tiap file
  4. Klik Start dan tunggu sampai selesai 
Done, kita sudah bisa membagi 1 file yang cukup besar untuk kita upload. File yang kita hasilkan ada sepuluh file yang rata2 memiliki ukuran 120MB.
Selanjutnya kita akan menggabungkannya kembali. Setelah kita jalankan file HJSplit, kemudian lakukan langkah berikut:
  1. Klik Join
  2. Klik Input untuk mencari file Induk,yaitu yang berekstensi *.001, nanti secara otomatis akan menggabung file yang lain.
  3. Klik Start dan tunggu sampai selesai.
Done,File video sudah bergabung dan siap menemani hari-hari kita di depan Laptop
Semoga Bermanfaat,Selamat Belajar.

No comments:

Post a Comment